Uncategorized

Perpustakaan Daerah

akhirnya hari ini aku kesanaaaaaaaaa!!!. ternyata tempatnya bagus juga, tapi sayang varian bukunya kurang!!!!!. udah gitu pengap lagi, padahal diluar sana udaranya seger. trus ga ada fasilitas internetnya, wifi gitu atau komputer/ padahal menurutku fasilitas teknologi sangat penting disamping buku-buku. kan gak semua orang betah baca bukunya langsung alias ada suatu ketika mereka boring dan ingin melihat2 sesuatu yang lain. nah kalo ada komputer kan mereka bisa baca2 artikel di internett yang dijamin lebih update daripada di koran atau juga bisa buka sosmed buat seneng2. mereka juga bisa nyambi ngerjain tgas disana kan?. kalo ada internet mah semuanya beres. sayang banget ya, padhal tempatnya udah nyaman gitu, adem ayem.

kalo ada kotak saran disana, mungkin aku udah nulis panjang lebar dari tadi. tapi sayangnya gak ada tuh (kayaknya), masa iya aku mau corat coret di dinding????!!!/ sekali lagi sayaang banget, padahal tempatnya udah oke meskipun terpencil tapi itu!!! perpustakaan kan emang harus berada di tempat yang jauh dari kebisingan kan??. seandainya aja pemerintah bisa memaksimalkan fasilitas yang ada, biar gak terkesan beautiful at outside doang. dalemnya juga harus cantik dong. tempat parkirnya juga udah oke kok. halamannya bersiiih pula, ya itu tadi emang sayang banget dalemnya mengecewakan. saranku sih:

1. variasi bukunya ditambah, diupdate lagi gitu. terutama novel, soalnya satu dari alesan yang paling sering digunakan para remaja untuk pergi ke perpus adalah… nyari novel. masa remaja adalah masa mereka mengenal jati diri, terutama tentang cinta, perasaan yang seperti itu. nah dari cinta pula, mereka pasti mempertimbangkan bacaan2 yang berbau cinta. dan yang ada dipikiran mereka adalah novel. aku masih inget dulu perpustakaan di smp pasti rameeee banget. terutama pada saat jam2 kosong, banyak kok anak2 yang suka baca buku, lebih tepatnya baca novel. kebanyakan dari para ortu emang gak suka kalo anaknya baca novel. tapi menurut ku, it’s okay kok. why not??. justru pertama2 kita harus mengenalkan pada anak kita kalo ada kok buku yang gak bosenin, yang asyik untuk dibaca sekaligus kaya akan pesan moral. gak semua novel itu isinya ga mendidik, anak kita sekarang juga udah pada pinter kok.. menilai mana bacaan yang bagus, mana yang enggak. kalo mereka udah gak suka, pasti juga gak bakalan dilanjut bacanya kok. novel itu mengasah imajinasi kita, kita juga butuh berimajinasi karema imajinasi itu ada hubungannya dengan kreatifitas dan keadaan emosi. kita jadi lebih memaknai hidup gitu… jadi overalll, perpustakaan yang disenangi publik adalah perpustakaan yang koleksi novelnya lengkap dan selalu diupdate. duh jadi kangen sama bu ngatmi yang jutex tapi rajin banget ngupdate novel2 di perpus spero 🙂

2.disedianin personal computer (PC) plus jaringan internet. ini penting banget. banyak orang yang mendambakan tempat diamana mereka bisa menikmati koneksi internet secara gratis sekaligus fasilitas komputernya. jadi mereka gak harus bawa laptop sendiri, toh disana udah ada komputer yang terkoneksi langsung sama internet. kalo khawatir ada yang menyalahgunakan internetnya, misalnya untuk pornografi atau kejahatan penipuan misalnya, tinggal dipantau aja. kan bisa tuh ada satu atau dua orang yang ngawasin si pengunjung lagi browsing apa aja. kalo ada yang ketangkep basah lagi nonton bokep tinggal ditegur trus dikasih peringatan, kalo lain kali dia ngelanggar lagi, kasih aja larangan untuk ke perpusda selama sebulan misalnya. memantaunya lewat jaringan apa gitu. duh lupa namanya.

3. ventilasi, lampu, penunjang kenyamanan. gak ada AC gak masalah, justru yang terpenting adalah jalan udara yang bisa nyegerin pikiran. dan tak kalah pentingnya juga lampu, gak enak dong kalo kita baca2 di tempat yang gelap.

4. arsip2 cd sejarah?? misal peristiwa g30 spki atau lepasnya timor timur gitu?. itu juga penting!!!! ga afdol kalo kita mempelajari sejarah by teori2nya saja, juga harus ada rekaman kejadiannya langsung biar tambah nyantol dan kitanya juga ngerti kalo “oh ternyata gini ya”, karena kalo belajar sejarah cuman dari bacaan kan kita cuman sekedar ngerti aja, dan itu gak bakalan awet. beda kalo kita liat kejadiannya, meskipun ga langsung alias lewat rekaman.

5. kantin.. hehehe, ini nih solusi masalah perut. kan perut kita serimg protes sering kalo kita terlalu lama baca buku atau ngerjain tugas, nah kalo ada kantin kan kita bisa nyambi makan dulu. nanti dilanjutin baca/ngerjain tugasnya. maksudku disini kantinnya letaknya ga deketan sama rak bukunya lho, kalo perpusnya dilantai2 maka kantinnya di lantai satu. trus makanan tetep ga boleh dibawa masuk ke perpusnya.

6. stop kontak, ga ada yang memprediksi kapan tepatnya benda ini akan dicari2. yups, kita juga kadang ga nyadar kalo batre hp kita habis, trus kita nyadarnya pas udah mepet lagi, udah bawa charger ehh nancepin kabelnya dimanaaaa?. that’s the point.

7. pegawai yang ramah, penting juga loooooh 😀

hmmmm menurutku sih.. itu aja.. belom kepikiran yang lainnya. kuharap sih, perpusda kudus lebih baik lagi ke depannya.. dan semakin banyak orang yang pengin baca buku disana 🙂

Tinggalkan komentar